Pentingnya Peran Guru dalam Proses Pembelajaran

Diposkan oleh Unknown on Selasa, 20 November 2012

Pentingnya Peran Guru dalam Proses Pembelajaran - Semua orang yakin bahwa guru memiliki andil yang sangat besar terhadap keberhasilan pembelajaran di sekolah. Guru sangat berperan dalam membantu perkembangan peserta didik untuk mewujudkan tujuan hidupnya secara optimal. Keyakinan ini muncul karena tidak semua orang tua memiliki kemampuan baik dari segi pengalaman, pengetahuan maupun ketersediaan waktu. Dalam kondisi yang demikian orang tua menyerahkan anaknya kepada guru di sekolah dengan harapan agar anaknya dapat berkembang secara optimal.

Minat, bakat, kemampuan, dan potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik tidak akan berkembang secara optimal tanpa bantuan guru. Dalam kaitan ini, guru perlu memperhatikan peserta didik secara individual, karena antara satu peserta didik dengan yang lain memiliki perbedaan yang sangat mendasar.
Guru, dalam proses pembelajaran, memiliki peran yang sangat penting. Bagaimanapun hebatnya kemajuan sains dan teknologi, peran guru akan tetap diperlukan.
Untuk memenuhi tuntutan di atas, maka guru harus mampu memaknai pembelajaran, serta menjadikan pembelajaran sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas pribadi peserta didik.
Menurut Mulyasa, guru harus memacu diri dalam pembelajaran, dengan memberikan kemudahan belajar bagi seluruh peserta didik agar dapat mengembangkan potensinya secara optimal, dan menyenangkan, dengan memposisikan diri sebagai berikut :
  1. Orang tua yang penuh kasih sayang pada peserta didiknya,
  2. Teman, tempat mengadu, dan mengutarakan perasaan bagi peserta didik,
  3. Fasilitator yang selalu siap memberikan kemudahan, dan melayani peserta didik sesuai minat, dan guru sebagai model,
  4. Kemampuan dan bakatnya,
  5. Memberikan sumbangan pemikiran kepada orang tua untuk dapat mengetahui permasalahan yang dihadapi anak dan memberikan saran pemecahannya,
  6. Memupuk rasa percaya diri, berani dan bertanggung jawab,
  7. Membiasakan peserta didik untuk saling berhubungan (silaturrahmi) dengan orang lain secara wajar,
  8. Mengembangkan proses sosialisasi yang wajar antara peserta didik, orang lain, dan lingkungannya.
  9. Mengembangkan kreativitas,
  10. Menjadi pembantu ketika diperlukan.
Untuk memenuhi tuntutan di atas, maka guru harus mampu memaknai dan menjadikan pembelajaran sebagai ajang pembentukan kompetensi dan perbaikan kualitas pribadi peserta didik. Untuk kepentingan tersebut, dengan memperhatikan kajian Pullias dan Young, Manan, serta Yelon and Wenstein, dapat diidentifikasikan sedikitnya 19 peran guru, antara lain :
  1. Guru sebagai pendidik
  2. Guru sebagai pengajar
  3. Guru sebagai pembimbing
  4. Guru sebagai pelatih
  5. Guru sebagai penasehat
  6. Guru sebagai pembaru (innovator)
  7. Guru sebagai model (uswah)
  8. Guru sebagai pribadi
  9. Guru sebagai peneliti
  10. Guru sebagai pendorong kreativitas
  11. Guru sebagai pembangkit pandangan
  12. Guru sebagai pekerjaan rutin
  13. Guru sebagai “pemindah kemah”
  14. Guru sebagai pembawa cerita
  15. Guru sebagai aktor
  16. Guru sebagai emansipator
  17. Guru sebagai evaluator
  18. Guru sebagai pengawet
  19. Guru sebagai kulminator
Demikianlah sejumlah hal yang harus diperankan guru dalam menunaikan tugas yang diamanahkan oleh orang tua peserta didik.
Muhammad bin Ibrahim al-Hamd dalam Ahmad Syaihu, dkk. mengemukakan sejumlah tugas-tugas setiap pendidik yang meliputi :
  1. Mengingatkan keutamaan ilmu dan pengajaran
  2. Merasa memiliki tanggung jawab
  3. Senantiasa bertakwa
  4. Akrab dengan al-Quran dan membacanya dengan perenungan (tadabbur), dan kontemplasi (ta’aqqul)
  5. Senantiasa berzikir
  6. Senantiasa berdoa agar ilmunya bertambah dan bermanfaat
  7. Keikhlasan
  8. Keteladanan
  9. Amanah ilmiah
  10. Menghormati ulama, menjauhi tempat-tempat yang meragukan
  11. Saling tolong menolong dalam kebajikan dan takwa
  12. Berkeinginan keras untuk menyatukan visi dan memperbaiki kualitas diri
  13. Akhlak yang baik
  14. Tawadhu
  15. Kedermawanan, menjauhi sifat dengki
  16. Sederhana dalam berpakaian
  17. Sederhana dalam bercanda
  18. Introspeksi diri
  19. Lapang dada dan tabah hati
  20. Memelihara waktu
  21. Baik dalam ucapan
  22. Mendengarkan orang yang berbicara dan menyimak orang yang bertanya
  23. Melatih anak didik tentang cara-cara berbicara dan beradab
  24. Lancar dalam pembicaraan dan sedang dalam berbicara, tidak terlalu keras dan tidak terlalu lemah.
Kerjakanlah apa yang anda dapat kerjakan sekarang. Allah berfirman :

“apabila kamu selesai mengerjakan suatu urusan maka kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan lainnya”. (QS. Al-Insyirah (94):7)

{ 2 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

makasi bang sdh mau bertukar link dengan sya, & makasi juga sdh mau berkunjung diblog sedehanaku
MANAJEMEN INFORMATIKA

BEARDS mengatakan...

dalam proses

Posting Komentar