Tahun Ini Tiga Juta Siswa Menengah Atas Se-Indonesia Siap UN

Diposkan oleh Unknown on Minggu, 14 April 2013

Tahun Ini Tiga Juta Siswa Menengah Atas Se-Indonesia Siap UN - Sebanyak 3.224.179 siswa jenjang menengah atas seluruh Indonesia akan mengikuti Ujian Nasional (UN) 2013 yang akan diselenggarakan serentak pada 15 April mendatang. Sebagian besar jumlah ini tentu didominasi oleh siswa Sekolah Menengah Atas (SMA).

Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Aman Wirakartakusumah mengatakan bahwa jumlah tersebut merupakan data yang masuk ke pihaknya per tanggal 5 April. Namun, ia mengungkapkan bahwa jumlah peserta UN untuk tingkat menengah atas ini tidak akan mengalami perubahan signifikan.

"Data terakhir yang ada di kami sejumlah itu dan diperkirakan tidak akan ada perubahan yang signifikan," kata Aman saat jumpa pers tentang Pelaksanaan UN 2013 di Gedung C Kemdikbud, Jakarta, Jumat (5/4/2013).

Berdasarkan data dari BSNP tersebut, dari total peserta sebanyak 1.268.834 siswa SMA terdaftar akan mengikuti UN. Kemudian yang juga mengikuti UN adalah sebanyak 331.177 siswa Madrasah Aaliyah (MA), 1.131.006 dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), 1.189 dari SMA Luar Biasa, 191.917 dari Paket C dan 56 orang dari Paket C Kejuruan.

"Tidak seperti tahun lalu, semuanya baik yang formal maupun yang kesetaraan atau paket akan digelar bersamaan. Yang formal pagi dan paket dilaksanakan siang," jelas Aman.

Kendati demikian, ujian paket bagi siswa yang gagal dalam UN 2013 tetap akan diselenggarakan sekitar pertengahan tahun ini sehingga ada dua kali penyelenggaraan ujian paket. "Pada bulan Juli akan ada lagi ujian kesetaraan untuk paket ini," tandasnya.  

Sumber : KOMPAS.com
 

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar