Dalam proses belajar dan mengajar tentu tidak pernah terpisahkan dari yang namanya teori, model, pendekatan, strategi, desain, metode dan tekhnik pembelajaran. Sebagai guru keingintahuan
tentang istilah-istilah tersebut akan sangat membantu. Oleh karena itu dengan rendah hati kami berusaha mencari referensi untuk dapat mendefenisikan istilah-istilah tersebut, melaui media
internet dan dari buku-buku yang berhubungan dengan hal tersebut. Semoga uraian yang kami berikan bisa bermanfaat dan menambah perhatian kita sebagai guru, dan mohon maaf apabila dalam uraian ini masih banyak kekurangan, karena kami hanyalah manusia biasa. Untuk itu komentar yang membangun sangat kami harapkan.
Model Pembelajaran
Model pembelajaran, pada dasarnya merupakan
bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara
khas oleh guru. Dengan kata lain, model pembelajaran merupakan bungkus atau
bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
Kendati demikian, seringkali penggunaan istilah model pembelajaran tersebut
diidentikkan dengan strategi pembelajaran.
Metode Pembelajaran
Metode
pembelajaran adalah cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil belajar yang
berbeda dalam kondisi yang berbeda berdasarkan kompetensi pembelajaran yang
telah ditetapkan ( Ceramah, tanya jawab, diskusi, dll ).
Model
pembelajaran kerangka konseptual yang melukiskan prosedur secara sistematis
dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran
(dick & carey, weils, benety, dll)
Strategi pembelajaran
Pendekatan pembelajaran Pendekatan pembelajaran adalah muatan-muatan etis-paedagogis yang menyertai kegiatan proses pembelajaran yang berisi religius/spiritual, Rasional/intelektual, Emosional, Fungsional, Keteladanan, Pembiasaan, dan Pengalaman. Disain pembelajaran Disain pembelajaran adalah upaya untuk merencanakan dan menyusun, melaksanakan proses pembelajaran, dan menilai hasil pembelajaran secara sistematis. Menurut Suyatno, Ketua Jurusan Bahasa Indonesia Unesa Surabaya, mengulas secara singkat tentang perbedaan istilah tersebut :
Oleh karena
itu, guru perlu menguasai dan dapat menerapkan berbagai strategi yang di
dalamnya terdapat pendekatan, model, dan teknik secara spesifik. Dari uraian di
atas, dapat dikatakan bahwa sebenarnya aspek yang juga paling penting dalam
keberhasilan pembelajaran adalah penguasaan model pembelajaran.
Akhmad Sudrajat mengungkapkan : Dalam
proses pembelajaran dikenal beberapa istilah yang memiliki kemiripan makna,
sehingga seringkali orang merasa bingung untuk membedakannya. Istilah-istilah
tersebut adalah: (1) pendekatan pembelajaran, (2) strategi pembelajaran, (3)
metode pembelajaran; (4) teknik pembelajaran; (5) taktik pembelajaran; dan (6)
model pembelajaran.
Berikut ini paparkan istilah-istilah yang ditulis oleh Akhmad Sudrajat :
H. Agus
Maimun. Dosen UIN Malang menulis Teori pembelajaran adalah fakta, konsep,
prinsip, dan prosedur pembelajaran yang telah diuji kebenarannya melalui
pendekatan ilmiah (behavioristik, kognitivistik, konstruktivistik, perilaku
sosial/social behavior).
Kesimpulan.
Dari hasil
pemaparan diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara model
pembelajaran, pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, tehnik dan metode
pembelajaran. Walaupun perbedaan itu tidak begitu tegas, karena semua istilah
merupakan satu kesatuan yang saling menunjang, untuk melaksanakan proses pembelajaran.
Jadi model pembelajaran adalah pembungkus proses pembelajaran yang
didalamnya ada pendekatan, strategi, metode dan tehnik. Contoh : model
yang digunakan guru PAIKEM, Pendekatan pembelajaran yang telah ditetapkan
pemerintah adalah pendekatan pembelajaran yang terfokus pada siswa, dimana
strategi pembelajaran siswa aktif, bisa mengungkapan gagasan,
penemuan-penemuan.
Untuk lebih
jelasnya, posisi hierarkis dari masing-masing istilah tersebut, kiranya dapat
divisualisasikan sebagai berikut:
Di luar
istilah-istilah tersebut, dalam proses pembelajaran dikenal juga istilah desain pembelajaran. Jika strategi
pembelajaran lebih berkenaan dengan pola umum dan prosedur umum aktivitas
pembelajaran, sedangkan desain pembelajaran lebih menunjuk kepada cara-cara
merencanakan suatu sistem lingkungan belajar tertentu setelah ditetapkan
strategi pembelajaran tertentu. Jika dianalogikan dengan pembuatan rumah,
strategi membicarakan tentang berbagai kemungkinan tipe atau jenis rumah yang
hendak dibangun (rumah joglo, rumah gadang, rumah modern, dan sebagainya),
masing-masing akan menampilkan kesan dan pesan yang berbeda dan unik. Sedangkan
desain adalah menetapkan cetak biru (blue print) rumah yang akan dibangun
beserta bahan-bahan yang diperlukan dan urutan-urutan langkah konstruksinya,
maupun kriteria penyelesaiannya, mulai dari tahap awal sampai dengan tahap
akhir, setelah ditetapkan tipe rumah yang akan dibangun.
Berdasarkan
uraian di atas, bahwa untuk dapat melaksanakan tugasnya secara profesional,
seorang guru dituntut dapat memahami dan memliki keterampilan yang memadai
dalam mengembangkan berbagai model pembelajaran yang efektif, kreatif dan
menyenangkan, sebagaimana diisyaratkan dalam Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan.
Mencermati
upaya reformasi pembelajaran yang sedang dikembangkan di Indonesia, para guru
atau calon guru saat ini banyak ditawari dengan aneka pilihan model
pembelajaran, yang kadang-kadang untuk kepentingan penelitian (penelitian
akademik maupun penelitian tindakan) sangat sulit menermukan sumber-sumber
literarturnya. Namun, jika para guru (calon guru) telah dapat memahami konsep
atau teori dasar pembelajaran yang merujuk pada proses (beserta konsep dan
teori) pembelajaran sebagaimana dikemukakan di atas, maka pada dasarnya guru
pun dapat secara kreatif mencobakan dan mengembangkan model pembelajaran
tersendiri yang khas, sesuai dengan kondisi nyata di tempat kerja
masing-masing, sehingga pada gilirannya akan muncul model-model pembelajaran
versi guru yang bersangkutan, yang tentunya semakin memperkaya khazanah model
pembelajaran yang telah ada.
|
Home » Pendidikan » Defenisi Model, Metode, Strategi, Pendekatan dan Teknik Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar
Defenisi Model, Metode, Strategi, Pendekatan dan Teknik Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar
Diposkan oleh Unknown on Minggu, 09 September 2012
{ 1 komentar... read them below or add one }
titip ya
http://desaintekom.blogspot.com/
Posting Komentar