Misteri Badai Matahari 2012/2013 yang Akan Menghantam Bumi Sabtu Pagi

Diposkan oleh Unknown on Rabu, 19 Desember 2012




Misteri Badai Matahari 2012/2013 yang Akan Menghantam Bumi Sabtu Pagi - Badai matahari (coronal mass ejection/CME) merupakan kejadian atau fenomena pelepasan energi besar radiasi dan gas pembakaran dari permukaan matahari. Radiasi ini nantinya menyebar ke luar angkasa dan akan sampai ke atmosfer bumi.

Efek dari badai matahari bisa mengakibatkan badai magnetik di bumi hingga kerusakan listrik, sinyal telepon, dan kekacauan Global Positioning System (GPS). Fenomena ini merupakan fenomena alam yang wajar dan memasuki siklus 11 tahunan, di mana akan
mencapai puncaknya pada 2013 nanti.

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memperingatkan jika sepanjang tahun 2012 dan 2013 aktivitas matahari tengah meningkat dan mengakibatkan badai matahari yang lebih sering di bumi. Namun, penduduk bumi tidak perlu khawatir karena badai kali ini tidak akan menimbulkan kekacauan alam. Malah, akan menghasilkan fenomena alam indah, Aurora.

NASA juga menegaskan sudah siap untuk mengatasi badai matahari ini. Namun, yang disayangkan adalah terganggunya kehidupan sosial masyarakat yang disebabkan oleh badai matahari. Masyarakat di abad sekarang sangat bergantung sekali pada sistem berteknologi tinggi seperti GPS dan komunikasi satelit. Dan semuanya itu sangat rentan dengan dampak negatif yang ditimbulkan oleh badai matahari," kata Lika Guhathakurta sebagai ahli fisika dari NASA.

Sebuah badai matahari dijadwalkan tiba Sabtu pagi dan terakhir hingga Minggu, membanting ke medan magnet bumi. Para ilmuwan mengatakan itu akan menjadi acara kecil, dan mereka telah diberitahu operator jaringan listrik, maskapai penerbangan dan pihak yang berpotensi terkena dampak lainnya.

"Kami tidak melihat efek buruk untuk setiap sistem," kata peramal Joe Kunches di Space Weather Prediction Center AS di Colorado.

Ada sisi terang cuaca ruang badai: Ini cenderung untuk bertelur cahaya utara warna-warni sebagai partikel bermuatan medan magnet luar membombardir bumi. Aurora Shimmering dapat terlihat di Amerika Serikat-Kanada perbatasan dan utara Eropa akhir pekan ini, kata Kunches.

Pada hari Kamis, matahari melepaskan suar besar yang melemparkan awan partikel bermuatan tinggi berlomba menuju Bumi.

Badai mulai Kamis ketika matahari melepaskan suar besar yang melemparkan awan partikel bermuatan tinggi berlomba menuju Bumi pada 3 juta mph (4,8 juta kph). Ini adalah keenam kalinya tahun ini bahwa seperti ledakan matahari yang kuat telah terjadi. Tak satu pun dari badai sebelumnya menyebabkan masalah besar.

Dalam kasus yang parah, badai matahari bisa menyebabkan pemadaman listrik, satelit kerusakan dan mengganggu sinyal GPS dan komunikasi frekuensi tinggi radio. Airlines kadang-kadang terpaksa mengubah rute penerbangan untuk menghindari radiasi ekstra di sekitar kutub utara dan selatan. 

Pada tahun 1989, badai matahari yang kuat tersingkir jaringan listrik di Quebec, menyebabkan 6 juta orang kehilangan listrik.
Juha-Pekka Luntama, cuaca ruang pakar di European Space Agency, mengatakan utilitas dan navigasi operator "pasti akan melihat sesuatu, tetapi mereka mungkin akan menemukan cara untuk mengatasi masalah."

Badai merupakan bagian normal siklus matahari 11-tahun aktivitas matahari, yang seharusnya mencapai puncak badai secara tahun depan.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Anonim mengatakan...

Semua bohong, ulah dajjal

Posting Komentar